Dinas P dan K Kab. Madiun Gelar Workshop Penulisan Sejarah Lokal

KBRN,  Madiun  :  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan pegiat literasi Kabupaten Madiun selama dua hari  (15-16/6/2021) mengadakan  Workshop Penulisan Sejarah Lokal dan Sejarah Desa. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Dinas P dan K Kabupaten Madiun Jalan Raya Tiron itu bertujuan melatih kaum muda agar bisa  menulis  sejarah desanya masing-masing yang kemudian akan menjadi karya antologi buku.  Selain itu, juga untuk menemukan penulis handal baik di tingkat kabupaten, propinsi atau bahkan nasional. Kasi Sejarah, Tradisi dan Budaya Dinas P dan K  Kabupaten Madiun, Sugino, S.Sos mengatakan,  kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan lomba penulisan antar para peserta perwakilan dari 206 desa/kelurahan se kabupaten Madiun.

“Setelah menerima workshop, saya akan melombakan. Jadi nanti ada tulisan dari para peserta itu , kemudian diakomodir oleh tim, nanti ada reward. Untuk program ini nanti bulan Juli tulisan itu sudah masuk”, katanya.

Materi dalam workshop ini antara lain Kiat Literasi Menuju Madiun Jaya,  Metodologi Penulisan Sejarah Lokal, dan Sejarah Desa sebagai Warisan Budaya dengan penyaji pegiat literasi Adjar Putro Dewantoro, S.Pd., M.Pd.  dan akademisi kesejarahan Samsul Komar, S.Pd.  Point-point yang tercakup dalam penulisan sejarah antara lain tentang potensi kebudayaan seperti manuskrip, adat-istiadat,  situs dan  cagar budaya  serta asal-usul nama sebuah desa.  Menurut penyaji, Adjar Putro Dewantoro, para calon penulis sejarah lokal ini bisa mendapatkan referensi dari masyarakat dan pemuka desa.

“Referensinya karena sejarah lokal kita lebih ke arah masyarakat.  Masyarakat bisa menanyakan kepada khalayak yang ada di lingkungannya, sebagai kisah suatu desanya dengan potensi-potensi yang ada”, kata Adjar.

Karya-karya para penulis pemula ini nanti akan diseleksi dan disunting oleh para editor sehingga layak menjadi buku yang bisa dikonsumsi oleh publik. (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00