Tinggal Menghitung Hari, UNESA Segera Launching Perkuliahan di Magetan

KBRN, Magetan: Setelah melalui tahapan perencanaan, riset dan survei kelayakan serta finalisasi perizinan, akhirnya rencana pembangunan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Negeri Surabaya di Kabupaten Magetan segera terwujud. Rencananya perkuliahan di kampus Magetan akan secara resmi diluncurkan pada pada 8 Juni 2021 dengan tiga program studi (prodi) antara lain S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S-1 Pendidikan Jasmani dan S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd, dihadapan awak media mengatakan, pembangunan Unesa kampus Magetan merupakan wujud kolaborasi Unesa dengan pemerintah kabupaten dalam mendorong pemerataan kualitas pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Magetan dan sekitarnya. Dibukanya UNESA Kampus Magetan tersebut diharapkan memberikan kontribusi terhadap perubahan dan peningkatan mutu sumber daya manusia di daerah-daerah, termasuk Magetan yang pada akhirnya bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Ini pendidikan untuk semua tetapi kami memilih di Magetan ini berpikir prospektif ke depan, bahwa Magetan perlu dikembangkan dari berbagai faktor diantaranya sisi pendidikan, ekonomi dan pariwisata,” kata Bambang saat konferensi pers terkait peluncuran PSDKU UNESA Kampus Magetan, Kamis (20/5/2021).

Dikesempatan yang sama, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si mengimbau agar masyarakat Magetan dan sekitarnya memanfaatkan keberadaan kampus Unesa di Magetan untuk mengakses pendidikan tinggi. Suprawoto yang dalam berbagai kesempatan selalu menyoroti ketimpangan pendidikan tinggi di Jawatimur Bagian barat mengaku bersyukur, salah satu kampus negeri bergengsi akhirnya membuka perkuliahan di Magetan.

“Ini untuk masyarakat semuanya utamanya di yang ada di eks. Karesidenan Madiun sehingga akan mempermudah mendapatkan akses pendidikan tinggi. Tidak harus keluar daerah untuk kita bisa berkuliah. Dan kualitasnya Saya yakin akan sama karena nama baik dan nama besar dari UNESA,” papar Suprawoto.

Bahkan dalam paparannya, Suprawoto menggambarkan prediksi perkembangan PSDKU Unesa di Magetan dalam 5 tahun kedepan. Dikatakan, akan ada 16 program studi yang dibuka dengan total 3.200 mahasiswa.

“Disampaikan 5 tahun kedepan seperti apa progresnya. Kira-kira 5 tahun kedepan akan berkembang dan Magetan akan menerima kira-kira sekitar 3.200 mahasiswa kuliah dengan 16 program studi. Kami mengucapkan terima kasih kepada desa yang telah membuka perkuliahan di luar kampus utama di Magetan ini,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, pada tahap awal, perkuliahan akan di lakukan di gedung SMA PGRI Maospati. Kedepan, pihak Unesa akan mendirikan kampus bernuansa futuristik di wilayah kecamatan Maospati meski sampai saat ini belum dapat diketahui lokasi pasti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00