WaBup Madiun : Lestarikan ORTrad Agar Tidak Punah

KBRN, Madiun : Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, Selasa (19/10/2021) memberangkatkan atlit olah raga tradisional (ORTrad)  untuk mengikuti Pekan Olah Raga Tradisional  2021 se Jawa Timur di Pacitan. Atlit ORTrad yang diberangkatkan dari halaman depan pendapa Muda Graha itu berjumlah  23  orang untuk berkompetisi dalam 5 cabang olah raga, masing-masing, Hadang, Dagongan, Terompah, Egrang dan Sumpitan.  Wakil bupati Hari Wuryanto mengatakan, keikutsertaan atlit dari kabupaten Madiun dalam Pekan Olah Raga Tradisional bersama kabupaten/kota se Jawa Timur yang berlangsung hingga tanggal 22 Oktober ini sebagai upaya melestarikan  budaya atau olahraga leluhur nusantara.

“Ini dalam rangka untuk melestarikan budaya atau olahraga warisan dari bangsa kita. Jadi ini harus kita uri-uri”, katanya.

Olah raga tradisional yang bersifat rekreatif, wisata, tantangan dan petualangan diakui telah  tergerus oleh kemajuan piranti elektronik seperti smartphone dan komputer yang menawarkan berbagai macam permainan (game).  Kendati demikian, menurut wabup, di kabupaten Madiun olah raga (permainan) tradisional masih tetap ada  di tengah maraknya permainan di media elektronik yang membuat anak-anak kurang bergerak secara fisik. (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00