FOKUS: #PILKADA 2020

Mendapat 94, 42 Persen Suara, Penetapan Pemenang Pilbup Ngawi 2020 Menunggu BRPK dari MK

KBRN, Ngawi : Pasca pemungutan suara, sesuai tahapan dilakukan rekapitulasi berjenjang mulai tingkat TPS, Kecamatan dan Kabupaten pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi tahun 2020. KPU Kabupaten Ngawi mengadakan Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan surat suara tingkat Kabupaten pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Ngawi tahun 2020, dengan mernerapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19. Hasil penetapan rekapitulasi penghitungan suara pilbup Ngawi 2020, pasangan Ony Awar-Dwi Rianto Djatmiko mendapatkan perolehan suara 94,42 persen atau sebanyak 471.082 surat suara dan kotak kosong mendapat 5,58 persen atau 27.831 surat suara. Jumlah surat suara keseluruhan dari tingkat kehadiran 531.323 surat suara, dan diantaranya 32.410 surat suara tidak sah.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi Prima Aequina mengatakan tahapan rekapitulasi berjenjang mulai tingkat TPS, kecamatan dan Kabupaten telah dilaksanakan. Di tingkat kabupaten, rekapitulasi terjadwal antara 13 hingga 17 Desember 2020. Setelah logistic dari 19 kecamatan se-Kabupaten Ngawi terkumpul, KPU mulai melakukan rekapitulasi tingkat kabupaten 16 Desember 2020.

Prima menegaskan meski ada anggota dan staff KPU yang positif Covid-19, hal itu tidak mempengaruhi kinerja KPU. Tahapan Pilbup Ngawi 2020 tetap berjalan, termasuk penetapan saat rapat, sebab dengan empat komisioner juga memenuhi kuorum.

“Pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan telah selesai tangal 13, dan kotak suara telah masuk semua di KPU kabupaten Ngawi, dan kita mulai melaksanakan rekapitulasi ditingkat kabupaten tanggal 16. Terkait dengan kondisi kantor (KPU-red) yang lockdown dan ada juga (komisioner-red) sedang menjalani isolasi mandiri, tidka mempengaruhi kinerja kita tim KPU Kabupaten Ngawi baik komisioner maupun secretariat, tahapan tetap berjalan “kata Prima.

Prima menambahkan setelah penetapan hasil perolehan suara masih ada beberapa proses yang perlu dilalui untuk penetapan pemenang atau calon terpilih Pilbup Ngawi 2020. KPU Kabupaten Ngawi akan mengumumkan penetapan hasil perolehan suara Pilbup Ngawi 2020. Sedangkan Penetapan calon terpilih atau pemenang, akan dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan BRPK-Bukti Register poerkara konstitusi.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar