FOKUS: #VAKSIN COVID

Pendaftaran Bakal Paslon, Dokumen Persyaratan Harus Disterilisasi

KBRN, Ngawi : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi membatasi pengerahan massa saat pendaftaran Pasangan Calon. Hal itu sebagaimana upaya protokol pencegahan Covid-19, sesuai PKPU No 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah Pilkada Serentak tahun 2020 di masa pendemi Covid-19. Selain itu, semua berkas dokumen persyaratan pasangan calon (paslon) yang akan mendaftar harus di bungung plastik dan disterilisasi menggunakan disinfektan.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi Prima Aequina Sulistyanti menjelaskan meski ada pembatasan massa atau pendukung yang ingin mengantarkan paslon, pendukung dapat melihat melalui layar monitor yang disediakan oleh KPU. Penggunaan masker maupun Protokol pencegahan Covid-19 yang lain harus dijalankan oleh paslon maupun pendukung saat ke kantor KPU.

“Pembatasan terhadap jumlah orang yang dibawa oleh bakal pasangan calon pada saat mendaftar, jadi istilahnya yang pokok-pokok saja. Antara lain ketua dan sekretaris partai pendukung, kemudian LO yang boleh masuk ke ruangan yang disediakan KPU, dan kemudian dari Bawaslu dua orang, selaian dengan komisoner KPU, kemudian setiap dokumen harus dibungkus plastik, dan disterilisai dulu sebelum terjadi serah terima“kata Prima.

Prima menambahkan perubahan-perubahan terkait prosedur pendaftaran juga telah disampaikan oleh partai-partai yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Ngawi serta memenuhi syarat untuk memberikan dukungan.

Diketahui, kententuan pendaftaran paslon Pilkada Kabupaten 2020 antara lain, memperoleh sekurang-kurangnya 20 persen atau 9 kursi dari jumlah kursi di DPRD kabupaten Ngawi hasil pemilu tahun 2019. Atau memperoleh suara sah sekurang-kurangnya 25 persen atau 129 ribu 49 suara sah dari akumulasi jumlah suara pemilu anggota DPRD Kabupaten Ngawi tahun 2019 dan memiliki kursi di DPRD Kabupaten Ngawi. Sesuai jadwal tahapan pendaftaran paslon Pilkada Kabupaten Ngawi tahun 2020 mulai 4-6 September 2020. Untuk tanggal 4 dan 5 September 2020 pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB di Kantor KPU Ngawi. Sedangkan khusus untuk tanggal 6 September 2020 pukul 08.00 – 24.00 WIB. (Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar