FOKUS: #PILKADA 2020

Bawaslu Ponorogo Rekrut Pengawas Pemilu, Jumlah Tenaga dan Anggaran Bertambah Karena Corona

KBRN, Ponorogo : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo melakukan recruitment pengawas pemilu sebanyak 2205 orang untuk kebutuhan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pada rekrutmen tersebut Bawaslu menambahkan jumlah petugas pengawas pemilu sebanyak 455 orang dari jumlah sebelumnya 1750 pengawas. Ketua Bawaslu Ponorogo Muhamamd Syaifulloh menyatakan jumlah tersebut mengikuti penambahan jumlah TPS yang dilakukan KPU Ponorogo.

“Total Pengawas 2205 sesuai TPS KPU,” terang Syaifulloh, Sabtu (20/6/2020)

Ketua Bawaslu Ponorogo Muhamamd Syaifulloh menjelaskan tahapan rekrutmen dilakukan pada bulan Juni ini sambil menunggu pengajuan tambahan dana yang diusulkan. Karena papda pengajuan dana yang disetujui sebelumnya kemampuan anggaran pemerintah hanya untuk 11 bulan dengan besaran honor pengawas Rp. 550 ribu.

Pada pengajuan tambahan ini selain ada tambahan 1 bulan sehingga menjadi 12 bulan dengan pun besaran honor juga naik menjadi Rp. 600 ribu. Selain itu juga termasuk pengajuan tambahan honor untuk 455 pengawas baru akibat tambahan jumlah TPS.

“Ya kita menunggu atasan dan arahan termasuk dari Kementerian keuangan, tapi dengan draft PKPU,” sambungnya.

Penambahan jumlah pengawas TPS oleh Bawaslu Ponorogo menyusul adanya tambahan TPS oleh KPU karena mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19 untuk mengurangi jumlah orang dan mencegah kerumunan saat hari H pemungutan suara pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar