FOKUS: #PILKADA 2020

Tahapan Pilkada Ngawi Berlanjut di Tengah Pendemi Covid-19

KBRN, Ngawi : Setelah melalui pengkajian, pemerintah bersepakat untuk melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sejumlah daerah di tengah pendemi covid-19, termasuk di Kabupaten Ngawi. Pelaksanan Pilkada tetap mengacu dan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi Aman Ridho Hidayat menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi perhatian, baik anggaran maupun mekanisme teknis yang disesuaikan protokol pencegahan Covid-19. Hal itu juga sebagai antisipasi terjadi claster penyebaran baru Covid-19.“Yang disepakati dalam RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara pemerintah, DPRD, dan penyelenggara Pemilu pada saat itu untuk memutuskan Pilkada dilanjutkan pada tahun ini, disepakati pointnya antara lain, hari H Pilkada 9 Desember 2020, kemudian dimulai tahapan lagi 15 Juni 2020, kemudian diterapkan dengan protocol kesehatan dan penambahan anggaran”kata Ridho.(22/6/2020)

KPU Kabupaten Ngawi secara resmi melanjutkan tahapan Pilkada Serentak 2020 mulai 15 Juni 2020. Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi tahun 2020, dimulai dari tahapan yang tertunda, antaralain: pengaktifan kembali anggota PPK dan PPS, pemetaan TPS pada tahapan Pemutahiran Daftar Pamilih, dan menyiapkan tahapan pembentukan Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih.

Ridho mencontohkan untuk pencegahan Covid-19, bimbingan teknis tidak lagi dalam bentuk forum diruangan, melainkan dialihkan dalam bentuk jejaring (daring), atau melalui video tutorial. (Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar