FOKUS: #PILKADA 2020

KPU Trenggalek Perkirakan Anggaran Pilkada 2020 Membengkak Rp 3 Miliar

KBRN,Trenggalek :  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek memprediksi anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2020 akan membengkak. Mengingat adanya penyesuaian penerapan protokol kesehatan dan tahapannya.

Ketua Komisi Pemiliham Umum, Kabupaten Trenggalek,  Gembong Derita Hadi mengatakan jumlah Tempat Pemungutan Suara - TPS di tengah pandemi Corona akan bertambah, sebab satu TPS hanya 500 orang, sedangkan pada  pilbub tahun lalu, jumlah maksimal di satu Tempat Pungutan Suara (TPS) mencapai 800 orang.

“Pengurangan jumlah orang di setiap TPS tersebut untuk menghindari kerumunan warga dan memberlakukan physical distancing,” Ujarnya, Sabtu (13/6/2020).

Dalam pilbub sebelumnya KPU Trenggalek menyiapkan 1250 TPS. Dengan adanya pengurangan orang tiap TPS maka jumlah TPS yang disiapkan menjadi bertambah menjadi 1.550 TPS.

Gembong mengungkapkan nantinya setiap TPS juga akan menyiapkan sesuai protokol Kesehatan untuk petugas TPS seperti masker,thermogan dan sarung tangan.

" Selain mempersiapkan petugas sesuai protokol kesehatan, adanya jumlah TPS yang bertambah 300, anggaranpun di prediksi juga membengkak. Setiap TPS memerlukan dana kurang lebih 10 juta rupiah, " Ungkapnya.

Terkait penambahan anggaran pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Namun hingga saat ini belum ada jawaban yang pasti.

“Kami sudah menghitung terkait keperluan di setip TPS, kekurangannya sekitar 3 milyar,” paparnya.

Gembong menambahkan Pemkab Trenggalek belum bisa memastikan anggaran tersebut, pasalnya untuk penanganan Covid-19 di Trenggalek sendiri mencapai 90 milyar.

“Kalau anggaran tidak cukup kami mempunyai opsi lain, karena TPS di perlukan 1 hari seperti thermogun bisa pinjam pakai,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar