Tidak Benar, Pemilu 2024 Diundur 2027

KBRN, Ngawi : Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang dikabarkan akan diundur pada tahun 2027 tidak benar. Hal ini disampaikan KPU Kabupaten Ngawi, usai KPU Pusat mengeluarkan rilis resmi terkait Pemilu 2024.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Ngawi Aman Ridho Hidayat menjelaskan KPU sebagai penyelenggara pemilu taat dan patuh pada perundang-undangan yang berlaku. Terkait isu pemilu 2024 yang akan diundur pada tahun 2027 hal itu tidak benar.

Ridho menceritakan pembahasaan sebelumnya terkait Rancangan Undang Undang-RUU terkait pemilu, memang ada opsi wacana pemilu diundur tahun 2027. Namun, pembahasan RUU dihentikan pada bulan Maret 2021, sehingga KPU secara tegas berpedoma pada aturan yang berlaku.

“Pada saat itu sedang proses dibahas RUU Pemilu. Sedangkan kemudian setelah itu berjalan akhirnya bulan Maret kemarin (2021-red) kan disepakati pembahasan RRU dihentikan. (karena-red) dihentikan itu otomatis kita kemudian tegas untuk berpedoman pada Undang-Undang yang saat ini sedang berlaku. Untuk Pemilu yaitu UU 7/2017, untuk Pilkada UU 10/2016, yang masa disitu salah satunya menyebutkan bahwa Pemilu jatuh pada 2024 dan Pilkada jatuh pada November 2024“kata Ridho.

Ridho menyampaikan sekarang ini kegiatan KPU diantaranya melakukan pemutakhiran data pemilih. Selain itu, juga pembahasan penyederhaan pemilu mendatang khususnya terkait hal teknis. Dicontohkan, terkait surat suara yang cukup komplek pada pemilu tahun lalu, diharaapkan ada penyederhanaan di tahun 2024 mendatang.(Mk)

Foto/ilustrasi : google/net/tangkapan layar dok. Ridho KPU

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar