Evaluasi, Pemenuhan Kelengkapan Dokumen Haji Mulai Awal Tahun

KBRN, Ngawi : Pelaksanaan Ibadah haji 1440 hijriyah tahun 2019 telah usai. Sejumlah kloter awal Jemaah haji telah kembali ke tanah air, termasuk Kabupaten Ngawi. Untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik, Kementrian Agama Kemenag Kabupaten Ngawi melakukan evaluasi penyelenggaraan Ibadah haji tahun 2019.

Kasi PHU Kemenag Kabupaten Ngawi Mukibudin mengatakan Jemaah haji asal kabupaten Ngawi telah tiba kembali di tanah air dengan selamat, meski sempat terjadi delay saat akan meninggalkan tanah suci. Jemaah berjumlah 313 dari total 315 jemaah haji, terinci satu meninggal sebelum keberangkatan, dan satu lainnya meninggal di tanah suci. Untuk Jemaah haji yang meninggal sebelum keberangkatan tidak mendapat asuransi, namun porsi haji dapat digantikan ahli waris. Sedangkan Jemaah haji yang meninggal saat keberangkatan mulai meningalkan rumah hingga akan kembali ke rumah, mendapat nilai manfaat asuransi. Tercatat, satu Jemaah haji asal Kabupaten Ngawi meninggal dunia di tanah suci, yakni Amin Sutikno. Oleh karena itu, sesuai ketentuan, ahli waris almahum Amin Sutikno mendapat nilai manfaat asuransi sebesar 18 juta 600 ribu rupiah lebih dan langsung di transfer ke rekening Jemaah.

“Untuk asuransi bagi pak Sutikno, mendapat 18 juta sekian, dan langsung di transfer ke rekening Jemaah” kata Mukibudin(20/8/2019)

Mukibudin menambahkan, evaluasi lain yakni untuk Jemaah haji tahun depan, pemenuhan kelengkapan dokumen calon jemaan haji akan dimulai awal tahun. Diperkirakan, tahun depan jumlah kuota calon Jemaah haji kabupaten Ngawi sekitar 300 kursi.

Mukibudin berharap, Jemaah haji yang telah tiba kembali ke rumah masih-masih menjadi Jemaah haji yang mabrur. Diantara tanda mabrur yakni ibadah lebih baik dan prilaku juga lebih baik.(Malik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00