Pers Release Tahunan, Kapolres Paparkan Capaian Kinerja Polres Ponorogo

KBRN, Ponorogo : Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo memimpin langsung release akhir tahun terkait situasi Kamtibmas dan juga capaian kinerja Polres Ponorogo di Gedung Pesat Gatra, Kamis (30/12/2021) kemarin.

Dari Data Satreskrim Polres Ponorogo, di tahun 2021 terjadi penurunan jumlah kasus atau laporan masuk. Dari 246 kasus di tahun 2020 menjadi 190 kasus atau mengalami trend penurunan sebesar 23%, yang mana didominasi kasus perjudian, penipuan dan curat. Untuk jumlah penyelesaian kasus di tahun ini sudah mencapai 188 kasus sehingga hampir 100% kasus laporan masuk sudah diselesaikan.

"Alhamdulillah kita terus bergerak cepat dalam penanganan kasus kriminal yang masuk, ini juga merupakan upaya kita dalam pengaplikasian Program Presisi Kapolri yang salah satunya peningkatan kinerja penegak hukum, " terang Kapolres AKBP Catur.

Sementara itu Satuan Reseserse dan Kriminal, Satreskrim juga berhasil mengungkap kasus tindak pidana korupsi pengadaan alat dan mesin Pertanian (Alsintan) dengan kerugian negara mencapai Rp 4,3 miliar," sambungnya

Selain data kriminalitas, Korps Bhayangkara juga mengungkap kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Kabupaten Ponorogo. Data di Satreskoba pada tahun 2021 menunjukkan penurunan disemua kasus narkoba, namun tidak dengan barang buktinya.

"Kasusnya mengalami penurunan namun kita menyita barang bukti seperti halnya sabu ini mengalami kenaikan, yaitu 60,16 gram di banding tahun 2020 menyita 23,4 gram, kita juga menyita Ganja sebanyak 41,2 gram ditahun ini." bebernya

AKBP. Catur juga merilis data dari Satuan Lalu Lintas, Satlantas Polres Ponorogo yang mengalami penurunan kasus. Kecelakaan/Laka Lantas mengalami penurunan dari tahun 2020, dari 643 kasus menjadi 565 kasus. Selain penurunan dalam jumlah kejadian, korban meninggal dunia (MD) dari Laka Lantas juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Ini berkat upaya Anggota Opsnal Sat Lantas yang terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, kita juga sering masuk ke sekolah guna memberikan himbauan kepada siswa-siswi agar tidak berkendara sendiri sebelum mempunyai SIM." ungkapnya

Kapolres Ponorogo menjelaskan bahwa dari semua data kamtibmas secara umum banyak mengalami penurunan. Hal ini menurutnta bahwa upaya Polres dalam menekan gangguan kamtibmas tak lepas dari peran stakeholder terkait.

"Penurunan kasus ini tak lepas dari peran Masyarakat, media dan juga kerja sama antar Intansi terkait yang saling kita eratkan, mari kita jaga situasi .Kamtibmas agar selalu Kondusif sehingga kita bisa merasakan kenyamanan dalam beraktivitas."pungkasnya.

Release tersebut merupakan giat tahunan yang dilaksanakan Polres Ponorogo tentang pelaksanaan upaya Polri secara Preemtif dan Preventif .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar