Razia Tim Speed Warok Sat Lantas Polres Ponorogo Jaring 3 Mobil STNK Aspal

KBRN, Ponorogo : Tim Speed Warok Sat lantas Polres Ponorogo berhasil menjaring  3 unit  Mobil   ber-STNK aspal alias asli tapi palsu di 3 lokasi. Tiga unit kendaraan yang bersurat aspal, masing-masing satu unit Mobil Avanza, Ayla dan Mobilio. 

Modus nya adalah dengan menggunakan STNK kendaraan roda dua yang dihapus dan diganti dengan identitas roda empat. Hal tersebut sebagaimana disampaiakan Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP. Ayip Rizal saat Pers rilis hasil operasi balap liar di Lobby Polres Ponorogo Senin ( 15/11/2021) kemarin. Barang bukti berupa 3 unit mobil tersebut dua diantarannya bernopol B 2496 BKH dan AE 1241FK.

"Kertasnya asli, mereka mengetik ulang  dimana pada kestas STNK lama kemudian dihapus dengan teknik tertentu lalu diketik ulang sesuai kendaraan yang dijual," kata AKP Ayip Rizal.

Di konfirmasi adakah kemungkinan keterlibatan orang dalam untuk mendapatkan kertas STNK  menurut  AKP. Ayip Rizal masih dikembangkan. Namun, kata Ayip perbuatan pemalsuan ini kemungkinan dilakukan secara mandiri, diketik sendiri dilaksanakan sendiri  oleh oknum tersebut. Dimana, satu STNK  untuk beberapa kendaraan. Ayip menambahkan kerawanan tindakan ini dilakukan oleh  renta-rental mobil.

Untuk itu AKP.  Ayip Rizal berharap kepada masyarakat yang hendak membeli mobil dan mendapatkan harga yang murah untuk berhati-hati. Untuk mengetahui keaslian bisa melakukan pengecekan samsat.

"Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Satreskrim tentang dugaan pemalsuan sesuai pasal 263 KUHP. Masyarakat hendaknya berhati-hati jika hendak membeli mobil dengan harga yang miring," tegas kasat lantas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar