Rencana Peresmian Pasar Legi Ponorogo Batal Dilakukan

KBRN, Ponorogo : Rencana Peresmian Pasar Legi Ponorogo yang dikabarkan akan dilakukan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada 10 februari 2021 mendatang  dipastikan batal dilakukan. Hal tersebut disampaikan  Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usah Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andana Warih.

Menurut  Addin dari awal memang  belum ada rencana mau meresmikan pasar legi. Karena sampai saat ini belum dapat memastikan progress report pembangunan apakah sudah selesai 100 % atau belum.

Addin juga menyampaikan untuk peresmian menjadi kewenangan Kementerian PUPR . Dan karena belum rampung maka belum ada rencana jadwal untuk meresmikan tanggal 10 Februari 2021 sebagaimana kabar yang beredar.

“Belum, pasarnya belum jadi. Karena kita lihat Januari progressnya seperi apa. Kalau jadi nanti tanggalnya berapa kita belum tau dan menentukam. Karena ini menjadi kewenangan Kementerian PUPR,” kata Addin, Kamis (28/1/2021)

Sementara itu terkait alokasi kios di lantai satu untuk perbankan Addin membenarkannya. Ia beralasan hal itu dilakukan guna mengurangi beroperasinya pinjaman tak resmi atau bank thitil yang dinilai merugikan pedagang serta bertujuan memberikan dan mendekatkan akses permodalan yang legal.

“Ada kios memang untuk Bank, karena itu untuk mengurangi permodalan tak resmi dan itu atas masukan sejumlah pihak. Agar ada akses permodalan yang legal dan murah,” imbuhnya.

Adin juga menjelaskan pertemuan dengan para pedagang lantai satu belum lama ini bukan dalam rangka pembagian lapak untuk peresmian, melainkan sosialsiasi zonasi saja untuk kepentingan keterkaitan penataan kedepan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00