Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Unipma Sasar Sentra Kripik Tempe Ngawi

KBRN, Ngawi: Universitas PGRI Madiun (Unipma) kembali melaksanakan program Pengabdian Masyarakat. Kali ini dilakukan tim 4, mahasiswa Program Studi Manajemen dengan dosen pendamping, Hendra Setiawan, S.E., M.M. Adapun lokasi kegiatannya berada di Sentra Kripik Tempe Desa Karangtengah Prandon, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Senin (7/12/2020).

Ketua Pelaksana Tim 4, Devi Nur Aini mengatakan, program pengabdian masyarakat diwujudkan dalam bentuk sosialisasi. Tujuannya untuk meningkatkan daya beli. Apalagi kripik tempe yang menjadi makanan khas Kabupaten Ngawi dianggap memiliki potensi yang cukup besar untuk menembus pasar ekspor.

Dalam legiatan tersebut, tim 4 yang terdiri atas 13 mahasiswa dan satu dosen, melakukan pelatihan penjualan melalui E-Commerce atau penjualan online. Dengan sosialisasi pelatihan penjualan online melalui E-Commerce diharapkan dapat membantu sentra tersebut agar cepat menyebar luas ke masyarakat diluar daerah. Sehingga tidak hanya dikenal di Karisidenan Madiun tetapi nasional bahkan internasional.

“Saya dan tim melihat sentra kripik tempe di Ngawi ini sangat berpotensi untuk menembus kualitas produk ekspor. Namun kendalanya pengetahuan para pemilik usaha sentra dari sisi e-commerce atau pemasaran secara online masih kurang. Padahal pemasaran secara online itu berpengaruh sangat baik pada sentra tersebut karena dapat menyebar secara luas ke masyarakat umum. Harapannya dengan program yang kami berikan ini kedepan  dapat membantu sentra kripik tempe ini menembus kualitas produk ekspor” ungkapnya.

Tim 4 dari Universitas PGRI Madiun menilai baik dari sisi pengemasan. Kemudian juga dari rasa. Termasuk kebersihan sudah terjamin bagus. Tim 4 berharap sentra kripik tempe yang berlokasi di Karangtengah Prandon, Ngawi ini akan terus melakukan inovasi dalam teknik penjualan mereka agar dapat dilirik banyak pihak termasuk pemerintah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00