YOIKI, Air Minum Kemasan dari Kabupaten Madiun

KBRN, Madiun :  Perusahaan Daerah Air Minum, PDAM Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun mengembangkan sayap usahanya dengan memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “YOIKI”.  Perusahaan yang memproduksi AMDK Yoiki terletak di desa Tiron kecamatan Madiun diresmikan bupati Madiun Ahmad Dawami  (6/12/2021) sekaligus launching produk perdana Yoiki.  Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengatakan,  pendirian perusahaan AMDK ini telah melalui proses panjang antara lain studi kelayakan, penelitian higienitas dan pemasarannya.  Hal itu, kata bupati Madiun, dilakukan untuk memenuhi semua aspek terutama memenuhi kesehatan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah, PAD Kabupaten Madiun.

“Artinya, kita launching ini untuk semuanya. Untuk indeks kesehatan masyarakat agar bisa terjaga, iya.  Terus untuk PDAM selaku BUMD yang tentunya ada profit orientednya juga iya”, Kata bupati Ahmad Dawami.

Bidang produksi  AMDK Yoiki yang diresmikan terdiri atas ruang bahan baku, ruang water treatment, laboratorium dan mesin produksi untuk ukuran gelas, botol dan galon.. Masing-masing  mesin produksi tersebut  berkapasitas 7000 – 8000  gelas, 1500 – 2500 botol  dan mesin produksi berkapasitas  50 – 100 galon per jam.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Madiun Sumariyono., SE.  mengatakan pengembangan usaha ini sudah mernggunakan kajian akademis dan peralatan yang memadai serta perijinan yang sudah disahkan sehingga air minum dalam kemasan dengan merek ” yoiki ” sudah siap dipasarkan secara massal. Ia menargetkan, dalam satu hari bisa memproduksi satu rit AMDK berbagai ukuran, dengan kualitas dan harga yang kompetitif.

“Kalau target sih paling tidak satu hari itu satu rit. Kita harganya kompetitif, kualitasnya juga kompetitif”, katanya.

Dengan diproduksinya AMDK ini diharapkan, selain  mampu meningkatkan PAD, juga bisa  menjadi ikon atau kebanggaan masyarakat Kabupaten Madiun adanya air mineral yang sehat dari produk lokal. (Haryo).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar