Bangkitkan Ekonomi Pelaku Usaha, Perijinan Terintegrasi Elektronik

KBRN, Madiun : HR Academy Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMPTSP) Kota Madiun menggelar pendampingan pembuatan NIB bagi pelaku usaha. di gedung Bakorwil I. Selasa (19/10/2021).

Nomor Induk Berusaha (NIB) wajib dimiliki oleh para pelaku usaha agar bisa mengurus perizinan berusaha melalui OSS atau Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.

NIB merupakan nomor identitas pelaku usaha untuk dapat melaksanakan kegiatan berusaha sesuai dengan bidang usahanya. Nomor identitas tersebut terdiri dari tiga belas digit angka yang di dalamnya terdapat pengaman dan tanda tangan elektronik.

Anik Setyawati Ketua HR Academy Jawa Timur mengatakan, agar proses pembuatan NIB berjalan mudah dan cepat, para pelaku usaha harus memahami terlebih dahulu apa saja jenis usaha yang menjadi subjek perizinannya, dengan tujuan usahanya dapat naik kelas.

"Kami menggelar kegiatan ini dikarenakan, NIB memiliki fungsi utama sebagai tanda pengenal bagi pelaku usaha, baik perseorangan maupun non perseorangan. Dengan memiliki NIB, pelaku usaha dapat mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMPTSP) Yudi Supriyanto menyatakan, pelaku usaha yang sudah memiliki Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional namun belum memiliki NIB, wajib untuk melakukan pendaftaran usahanya melalui sistem OSS dengan melengkapi data atau pemenuhan komitmen.

Yudi menambahkan, Izin usaha yang telah diperoleh sebelumnya oleh pelaku usaha tetap berlaku dan didaftarkan ke sistem OSS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00