Tanam Melon di Polybag Solusi Tingkatkan Ekonomi Kab.Madiun

KBRN,Madiun : Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun berhasil membudidayakan melon yang ditanam di Polybag.Budidaya melon dengan Polybag merupakan salah satu program Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) yang akan terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Madiun Sodik Heri Purnomo mengungkapkan jika  uji coba budidaya melon dalam polybag kali ini, ternyata memiliki hasil yang luar biasa.

“Uji coba budidaya buah melon kali ini ternyata hasilnya luar biasa, dan bisa menjadi dilakukan oleh masyarakat yang memiliki pekarangan yang masih bisa dimanfaatkan,”Ujarnya, Selasa ( 8 / 6 / 2021 )

Dijelaskan buah melon yang ditanam oleh BPP Kecamatan Wungu adalah varietas action yang dibudidayakan selama kurang lebih 2 bulan dan menghasilkan buah mencapai berat 2 hingga tiga kilogram.

Sodiq  berharap agar bidang pertanian nantinya dapat menjadi solusi lingkungan dan ekonomi masyarakat sebab dengan budidaya melon dalam polibag hanya membutuhkan biaya produksi yang murah.

“Mulai dari tanam hingga panen, per polybag hanya menghabiskan biaya 5000-6000 rupiah saja,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Wungu Mahsuni menjelaskan hal utama yang perlu diperhatikan dalam menanam melon di polybag adalah pemilihan bibitnya.Selain itu, faktor pemeliharaan mulai dari media tanam, pengairan, dan pemupukan juga perlu menjadi perhatian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00