UNESA Buka PSDKU Di Magetan, Masyarakat Sumringah

KBRN, Magetan: Rencana pembukaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Negeri Surabaya di Magetan disambut antusias oleh masyarakat. Bukan hanya dari sisi pendidikan, optimisme peningkatan ekonomi juga diharapkan oleh masyarakat. Salah satunya pedagang kecil, Kiki yang sehari-hari menjual rujak petis didekat obyek wisata prasasti Sendang Kamal. Menurut Kiki, nantinya mahasiswa akan mencari kebutuhan sehari-hari utamanya kebutuhan makanan di sekitar area kampus. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pedagang kecil termasuk pedagang makanan seperti dirinya.

“Alhamdulillah kalau Unesa buka kampus di Magetan. Pasti ini berdampak positif bagi pedagang kecil. Warung makannya pasti tambah ramai,”kata Kiki di sela aktivitasnya melayani pembeli rujak.

Pelaku usaha lainnya, Nindhi juga berencana membangun rumah kost yang terjangkau. Pengusaha muda dibidang jasa pembiayaan ini menilai pendirian kampus bergengsi di Magetan sudah sangat tepat karena biaya hidup di Magetan masih rendah.

“Sebagai wirausahawan, saya melihat ini sebagai peluang. Saya bisa buat kos-kosan di sekitar area kampus. Saya akan tawarkan dengan harga murah, yang penting banyak peminat. Kalau peminatnya banyak, omset masuk bisa puluhan juta perbulan, seperti usaha yang saya jalankan sekarang. Kalau disini memang biaya hidup kan sangat ringan. Beruntung sekali kalau dibuka kampus di Magetan,” papar Nindhi.

Adapula seorang guru SMKN 1 Magetan, Ratih mengaku pembukaan kampus negeri di kota kecil akan sangat membantu siswa-siswanya, baik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi maupun tidak. Berdasarkan pengamatan Ratih terhadap lulusan sekolah tempatnya mengajar, bagi siswa yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi dapat melihat pembukaan PSDKU Unesa sebagai peluang usaha.

“Ini kemudahan luar biasa bagi siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi, tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menimba ilmu. Selain itu, dari pembukaan kampus ini, saya yakin bisnis laundry, kuliner, café pasti banyak berkembang di lingkungan kampus, siswa yang tidak melanjutkan maka bisa bekerja disekitar situ. Atau bisa juga mengembangkan usaha sesuai passion mereka masing-masing misalnya bisnis-bisnis kekinian,” ujar Ratih.

Seperti diketahui, PSDKU UNESA di Magetan akan dilaksanakan di SMA PGRI Maospati untuk sementara waktu. Peluncurannya dilaksanakan 8 Juni mendatang. Kedepan akan dibangun gedung perkuliahan UNESA di Magetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00