Pelayanan Ibu Hamil Berubah Selama Pandemi, Mengapa?

KBRN, Magetan: Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat dan Gizi Masyarakat, Dinas Kesehatan kabupaten Magetan, dr. Elisa Chandrasari memastikan bahwa pelayanan ibu hamil selama masa pandemi akan berbeda dari biasa. Hal ini dikarenakan ibu hamil termasuk dalam kelompok rentan tertular covid-19. Disisi lain, ibu hamil termasuk kelompok yang belum diijinkan menerima vaksinasi.

Untuk itu terdapat beberapa pembatasan layanan kesehatan meliputi pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care/ANC), pelayanan persalinan, dan pelayanan nifas. Meski begitu pemerintah mengupayakan agar ibu tetap mendapatkan pelayanan kesehatan esensial. Selain itu, ibu dapat mengenali faktor resiko secara dini serta mendapatkan akses pertolongan kegawatdaruratan.

Selain pembatasan, juga terdapat perbedaan pelayanan kesehatan bagi ibu dengan covid-19 dan non covid 19.

“Ada perbedaan standar atau pedoman antara ibu hamil bersalin atau nifas yang terpapar covid dengan yang tidak terpapar covid 19. Diharapkan ibu tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, mengenali faktor resikonya secara dini dan mendapat kemudahan akses pertolongan kegawat daruratan serta tenaga kesehatan mendapatkan perlindungan dari penularan covid 19,”papar dr. Elisa.

Menurut dr. Elisa hal ini sangat penting diketahui masyarakat agar ibu dan suami dapat mempersiapkan diri. Pembatasan juga bertujuan untuk melindungi tenaga kesehatan dari penularan Covid-19 saat memberikan penanganan kebada ibu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00