FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Massal, Bupati: Magetan Masih Menunggu, Tapi Kita Sudah Siap

KBRN, Magetan: Hingga saat ini pemerintah daerah kabupaten Magetan belum dapat memastikan kuota vaksin covid-19 yang akan dikirim ke wilayah Magetan. Hal ini disampaikan Bupati Magetan, Suprawoto saat ditemui disela aktivitasnya, Rabu (21/1/2021). Meski begitu, Suprawoto mengaku telah menyiapkan sarana prasarana maupun vaksinator.

“Saat vaksin datang, gudang farmasi kita dan Puskesmas kita punya alat untuk menyimpan. Walaupun jumlahnya tidak banyak tapi mampu menampung. Kita nanti dapat jatah dan dibagi beberapa gelombang,” papar Suprawoto.

Suprawoto menambahkan, meski vaksin covid-19 diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat, namun pemkab Magetan menerima arahan  dari pemerintah pusat untuk menyiapkan anggaran pelaksanaan vaksinasi. Anggaran ini bukan untuk pengadaan vaksin melainkan untuk operasional pelaksanaan vaksinasi. Anggaran tersebut diperkirakan mencapai 35 milyar rupiah.

“Kita diminta juga oleh pemerintah pusat untuk menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan vaksinasi, bukan untuk membeli vaksin. Besarannya 35M, mungkin refocusing lagi,”pungkasnya.

Seperti diketahui, vaksin covid-19 merupakan langkah pemerintah untuk membangun herd imunity (imunitas komunal) guna menekan angka penyebaran Covid-19. Maka itu, Suprawoto berharap masyarakat tidak perlu takut menerima vaksin karena selain telah teruji, vaksin covid-19 telah dinyatakan halal dan suci oleh MUI dan mendapat ijin dari BPOM.

Terkait upaya meyakinkan masyarakat dengan menjadi penerima vaksin pertama di Magetan, tampaknya urung dilakukan Suprawoto karena faktor usia. Berdasarkan arahan penggunaan vaksin, terdapat persyaratan usia penerima yakni 18-59 tahun sementara usia Suprawoto saat ini 60 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00