Satu Kelurahan di Kota Madiun Nihil Kasus Covid-19

KBRN, Madiun: Kelurahan Kuncen menjadi salah satu dari 27 kelurahan di Kota Madiun yang berhasil mempertahankan zona hijau. Artinya nihil penyebaran kasus covid-19. Sekretaris Kelurahan Kuncen, Samirin mengatakan, keberhasilan itu tidak lepas dari peran serta masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan.

Apalagi, luas wilayahnya hanya 0,32 Km persegi. Sedangkan jumlah penduduknya sedikit dibanding kelurahan lain. Yakni 1.429 penduduk dengan 477 KK. Meski begitu, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya covid-19 cukup tinggi. Bahkan saat melakukan ibadah di masjid pun, semua warga mengenakan masker.

Tidak hanya itu, sebelum masuk area masjid, mereka juga rajin mencuci tangan. Ketika ada warga setempat yang bepergian ke luar kota, saat kembali ke Kuncen langsung didatangi oleh tiga pilar tingkat Kelurahan dan diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari dengan pengawasan petugas pos covid-19 kelurahan setempat.

“Di Kelurahan Kuncen saat ini masyarakatnya selalu mematuhi protokol kesehatan. Orangnya kan disini sedikit ya saya kira mudah untuk mengarahkan, dan mereka juga sadar terhadap bahaya covid-19 sehingga mereka berupaya semaksimal mungkin agar tidak terpapar covid-19,” kata Samirin, Kamis (21/1/2021).

Walikota Madiun, Maidi mengapresiasi warga Kelurahan Kuncen yang disiplin protokol kesehatan. Ia berharap, kelurahan lain bisa mencontoh sehingga penyebaran kasus covid-19 bisa ditekan.

“Pertama, disana (Kuncen) itu orangnya taat. Yang kedua, disana itu penduduknya sedikit hanya 17 RT dan 5 RW kalau nggak salah. Orangnya sedikit dan taat,” ucapnya.

Maidi menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap anjuran pemerintah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dengan begitu kasus covid-19 bisa ditekan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00