INKA Kembangkan Transportasi Tenaga Listrik di Bali

inka.mp3

KBRN, Madiun: PT INKA (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dengan Perusda Bali yang merupakan BUMD Provinsi Bali terkait pembangunan dan penyelenggaraan sarana transportasi perkotaan di wilayah Provinsi Bali, Jum'at (23/10/2020). Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan, PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan melakukan pengembangan sistem looping transportasi berbasis kendaraan listrik.

Nilai kontraknya mencapau Rp2,6 Trilyun. Adapun kerjasama tersebut bertujuan menghubungkan destinasi wisata meliputi kawasan Kuta, Sanur, Ubud dan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali Gunaksa. Selain itu, kedepan dua perusahaan ini juga akan melakukan pengembangan kapasitas pemeliharaan dan perawatan (maintenance and service) sarana dan prasarana kereta api dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“PT INKA (Persero) dan Perusda Bali nanti akan mengembangkan sistem transportasi perkotaan berbasis listrik tenaga baterai seperti tram listrik dan bis listrik. Ke depan PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan mendirikan perusahaan patungan/ joint venture untuk pengembangan dan pengoperasiannya sistem tranportasinya. Tentunya dengan studi kelayakan (feasibility studies) dan kajian lainnya yang diperlukan” ungkapnya.

Budi menambahkan, dalam hal pendanaan, PT INKA (Persero) juga didukung oleh Islamic Development Bank yang berpusat di Jeddah, Arab Saudi. Dukungan ini berupa financing untuk keperluan pengembangan. Sementara itu dalam MoU tersebut turut dihadiri Operation Team Leader Islamic Development Bank (IsDB) Regional Hub Indonesia, Omar Eddie Davis. Turut hadir pula secara daring dari Provinsi Bali yakni Direktur Utama Perusda Bali Nyoman Kami Artana, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00