INKA Gandeng Dua Perusahaan Produksi Bus Listrik E-Inobus

KBRN, Madiun: PT INKA (Persero) bekerjasama dengan Tron-E dan Piala Mas memproduksi bus listrik berukuran medium yang diberi nama E-Inobus. Tron-E dari Taiwan ditunjuk sebagai mitra komponen drivetrain dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan, bus listrik tersebut telah melalui uji landasan pada 13 Agustus 2020. Bahkan  dinyatakan lulus uji dengan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor pada 10 September lalu dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Cibitung, Jawa Barat.

Budi menyebut, dalam waktu dekat pihaknya berencana memasarkan E-Inobus untuk area dalam negeri seperti PT Transjakarta. Kemudian tidak menutup kemungkinan juga akan dipasarkan ke luar negeri, seperti negara Republik Demokratik Kongo, Afrika yang juga tertarik dengan produk tersebut.

“Karena bersih, nggak pakai aliran atas dan bawah sehingga nggak menggantung. Ini juga kita tawarkan ke Kongo karena mereka akan mewujudkan smart city, entah itu bus maupun keretanya. Minimal LRT lah ya,” kata Budi, Rabu (21/810/2020).

Budi Noviantoro menegaskan, E-Inobus tersebut memiliki kecepatan maksimal 90 km/jam. Kemudian maksimal gradeability  14 persen, pengisian daya atau batrai sekitar 3-4 jam. Jarak tempuh sekali charging :sekitar 200 km  dan tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih baik rata – rata sebesar 71 desibel (dB) jika dibandingkan dengan bus diesel  yang rata – rata sebesar 85 dB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00