Pemkot Madiun Raih WTP Tiga Tahun Berturut-Turut

KBRN, Madiun: Pemkot Madiun kembali menorehkan prestasi membanggakan. Ini setelah diterimanya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019. Penghargaan itu diterima Walikota Madiun, Maidi dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Senin (19/10/2020).

Bahkan, Kota Madiun diklaim merupakan pemerintah daerah tercepat di Jawa Timur yang menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK). Sekaligus tercepat ketiga secara nasional dalam penyerahan LKPD tahun anggaran 2019. Maidi mengatakan, predikat WTP tersebut dapat diraih karena peran serta semua pihak. Raihan tersebut merupakan tahun ke tiga, pemkot menerima WTP secara berturut-turut.

“Ada beberapa catatan ya ada sejumlah asset yang belum tercatat, itu sudah kita selesaikan semua lah. Harusnya aset itu Desember masih dalam perawatan, sedangkan Januari itu diperiksa, kadang-kadang ada dokumen yang belum diselesaikan,” ucapnya, Rabu (21/10/2020).

Seperti diketahui, dalam pemeriksaan yang dilakukan, BPK menemukan kelebihan bayar senilai Rp700 juta untuk pelaporan tahun 2019. Padahal pada tahun sebelumnya, kelebihan bayar mencapai Rp2 miliar. Meski begitu, catatan yang menjadi evaluasi BPK sudah diselesaikan.

Maidi pun turut mengapresiasi kinerja OPDnya hingga meraih predikat WTP. Tentunya, predikat itu harus dipertahankan dan ditingkatkan. Ia menargetkan, pelaporan tahun ini setidaknya sama seperti tahun 2019 lalu atau bahkan tercepat secara nasional.

“Ya pasti harus ditingkatkan, pasti itu,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00