Pemkot Madiun Rintis Jalur Sepeda 15 Kilometer

KBRN, Madiun: Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun sedang giat-giatnya menumbuhkan roda perekonomian dampak pandemi covid-19. Salah satunya dengan membuat dan menentukan rute jalur sepeda 10 Km, 15 Km dan 25 Km. Kali ini, Walikota Madiun turun langsung untuk menentukan jalur sepeda yang hendak dilalui, Senin (28/9/2020).

Walikota, Maidi mengatakan, pihaknya telah mengurai kemanfaatan jalur. Mulai spot selfie atau swa foto, pusat belanja hingga tempat makan minum. Artinya, jalur tersebut diklaim dapat menyuguhkan keelokan kota. Tentunya untuk mendukung keberadaan jalur sepeda jarak menengah 15 Km, pihaknya akan mengoptimalkan peran serta UMKM di wilayah setempat.

Adapun dari 15 Km jalur sepeda yang dirintis pemkot, tersebar di 22 ruas jalan dengan empat lokasi check point. Mulai Balaikota, Taman Lalu Lintas Bantaran, Tugu Pendekar Jalan Diponegoro (Proliman) dan Bumi Perkemahan Ngrowo Bening.

“Siapa yang lewat jalur itu disitulah potensi-potensi kota ada disitu semua. Disamping itu nanti bus wisata Mabour yang kecil akan saya lewatkan disitu tapi tidak boleh berhenti. Yang boleh berhenti hanya yang bersepeda. Jadi target saya kalau covid-19 ini reda, Kota Madiun akan jadi lautan manusia. Jadi ini salah satu lompatan ekonomi kita,” terangnya, Senin (28/9/2020).

Maidi menegaskan, saat ini, progres pembangunan jalur sepeda 15 Km telah mencapai 65 persen. Evaluasinya, jalur tersebut belum sepenuhnya menyediakan spot selfie serta penambahan lampu penerangan jalan umum. Termasuk pemasangan rambu serta pengecatan jalur yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan belum seluruhnya tuntas.

“Jadi semua kekurangan itu sudah saya urai, saya harap semuanya bisa segera tuntas,” imbuhnya.

Sementara jalur yang dilalui, start dari Pahlawan Street Center ke selatan menuju Jalan Cokroaminoto-Jalan Musi-Jalan H Agus Salim. Kemudian Jalan Kolonel Marhadi-Taman Lalu Lintas Bantaran-Ahmad Yani- Jalan Pahlawan. Selanjutnya Jalan Kartini-Diponegoro-Rimba Dharma-Jalan Setiyaki. Jalan Parikesit-Sumbo-GOR Wilis-Mastrip-Jalan Mobilisasi Pelajar. Dilanjutkan Lapangan Gulun-PDAM Ngrowo- Abdul Rahman Saleh-Mastrip-Panglima Sudirman-dr. Soetomo-Kompol Soenaryo dan finish di Pahlawan Street Center.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00