Sembilan Pelanggar Prokes Covid-19 Terjaring Operasi Yustisi Kab. Madiun

KBRN, Madiun :  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  Kabupaten Madiun, Jumat (25/9/2020) menggelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di depan Kantor Kecamatan Madiun. Operasi yang berlangsung mulai pukul 14.00 sampai dengan 15.30  WIB  di perbatasan Kabupaten dan Kota Madiun tersebut berhasil menyidang dan memberi sanksi terhadap 9 pelanggar protokol kesehatan covid-19.  Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten  Madiun H. Teguh Harissa, SH.MH usai sidang di pendapa kecamatan Madiun mengatakan, mayoritas  pelanggar karena tidak memakai masker tersebut dikenai hukuman membersihkan lingkungan.

“Sembilan pelanggar yang kita sidangkan semuanya dihukum untuk membersihkan lingkungan. Yang satu karena terburu-buru sehingga kita jatuhkan denda seratus ribu dan yang satu lagi pembinaan  oleh karena yang tidak memakai masker anaknya yang berusia tiga tahun”, kata hakim Teguh.

Operasi yustisi ini merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Madiun dengan sasaran masyarakat yang melakukan perjalanan baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jumlah pelanggar pada operasi kedua ini menurun dibanding operasi pertama yang  mencapai 18 pelanggar yang pada umumnya berasal dari luar Kabupaten Madiun. Operasi yustisi yang para pelanggar protokol kesehatan disidang  oleh ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun   Teguh Harissa dan dieksekusi langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun Agung Mardiwibowo ini, menurut bupati Madiun Ahmad Dawami sebagai upaya mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Yang kita lakukan ini  sebagai upaya kita menyadarkan masyarakat bahwa masker ini akan mengamankan kita dan mengamankan orang lain, mengamankan lingkungannya, ketika tahapan sosialisasi, edukasi sudah kita lakukan”, kata bupati Ahmad Dawami.

Sekitar seratus personel terlibat dalam operasi yustisi yang berlangsung selama 90 menit tersebut antara lain dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP,  Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. (Haryo)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00