Kasus Pertama, Pasien Positif Covid-19 Kota Madiun Meninggal Dunia

KBRN, Madiun: Seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun dinyatakan meninggal dunia. Yang bersangkutan merupakan pasien baru nomor 28 warga Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman. Hal itu berdasarkan informasi resmi yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun, Minggu sore (2/8/2020). 

Pasien tersebut merupakan yang pertama dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19 di wilayah setempat. Diketahui, pasien berinisial P (59) seorang laki-laki yang berprofesi sebagai guru salah satu SMP Negeri di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Riwayatnya, pada 19 Juli lalu, yang bersangkutan bersama keluarga melaksanakan liburan ke Solo menggunakan kendaraan pribadi.

Empat hari setelahnya mengeluhkan demam, pilek dan batuk. Kemudian 24 Juli berobat ke Klinik Panti Bahagia Madiun. Selanjutnya pada 28 Juli, yang bersangkutan kembali mengeluhkan sakit dan di hari yang sama dibawa ke RSUD Kota Madiun. 29 Juli dini hari, pasien dipindahkan ke ruang isolasi dan menjalani rawat inap hingga 31Juli. Tidak kunjung sembuh, pasien akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Seodono dan dihari yang sama dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu semua orang yang melakukan kontak erat dengan pasien, direncanakan menjalani rapid test di puskesmas Demangan pada Senin (3/8/2020). Sebelumnya, mereka juga diberikan edukasi, apabila mengalami keluhan demam, batuk dan pilek untuk memeriksakan diri ke Puskesmas Demangan.

Selnjutnya selama 14 hari ke depan untuk mengisolasi diri dengan tetap tinggal di rumah, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kemudian membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir. Selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain, mencukupi nutrisi, mendisinfeksi tempat tinggal dan menghindari stress.                                         

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00