Idul Adha 1441 Hijriyah, Pemkot Madiun Sembelih Tiga Ekor Sapi

KBRN, Madiun: Pemerintah Kota Madiun pada momentum Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 menyembelih tiga ekor sapi. Peruntukannya dua ekor sapi disembelih di Masjid Agung Baitul Hakim dan satu ekor di Masjid Az Zahra kompleks Balaikota Madiun.

Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kota Madiun, Budi Setyawan mengatakan, dua ekor sapi yang disembelih di Masjid Agung Baitul Hakim berasal dari peternak di wilayah Magetan, masing-masing seberat 988,5 kwintal. Sedangkan yang mengajukan permintaan daging sapi sebanyak 1.274 orang.

Sementara satu ekor sapi berasal dari Korem 081/DSJ Madiun diperuntukkan bagi lebih 200 warga yang bermukim di sekitar lokasi masjid kompleks balaikota. Budi menyatakan, tahun ini pemkot menganggarkan dana sekitar Rp200 juta untuk pelaksanaan Idul Adha. Anggaran itu, Rp120 juta diantaranya untuk pengadaan tiga ekor sapi dan Rp80 juta untuk pengadaan paket daging bagi 815 anak stunting, tersebar di tiga kecamatan.

“Yang jelas pengadaan daging kurban itu diutamakan bagi kaum dhuafa dan anak stunting. Untuk penyembelihannya kita laksanakan di hari Sabtu (1/8/2020),” ucapnya, Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk penyembelihan hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan. Yakni panitia harus steril yakni mencuci tangan sebelum menyembelih hewan kurban. Kemudian memakai masker, face shield dan menerapkan jaga jarak.

Sementara untuk sistem pendistribusiannya dilaksanakan secara door to door atau dibagikan langsung ke rumah masing-masing penerima. Tujuannya untuk mengindari kerumunan di tempat penyembelihan hewan kurban sekaligus mencegah penyebaran covid-19.

Sedangkan pendistribusian daging kurban bagi anak stunting, secara keseluruhan diberikan ke kecamatan. Kemudian pihak kecamatan bekerjasama dengan Kasi Kesra dan pekerja sosial masyarakat di masing-masing kelurahan, karena penerima daging kurban telah disesuaikan dengan nama dan alamat yang terdata.

“Karena kondisi covid-19 ini kan tidak boleh berkerumun, makanya pembagiannya paling efektif ya door to door. Kan sudah by name by adress,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00