Mulai Hari Ini, Stasiun Madiun Layani Rapid Test Seharga Rp85.000

KBRN, Madiun: PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun menyediakan layanan rapid test untuk mendeteksi covid-19 bagi calon penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh. Tes cepat itu dilayani di Stasiun Besar Madiun dimulai Kamis (30/7/2020). Adapun biaya yang dikeluarkan calon penumpang yang hendak melakukan rapid test sebesar Rp85.000.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, layanan rapid test disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan utamanya di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Sebab, surat keterangan rapid test yang menyatakan non reaktif mutlak dimiliki oleh calon penumpang KA.

Untuk mendapatkan fasilitas layanan rapid test, syaratnya calon penumpang atau pelanggan sudah membeli tiket KA jarak jauh. Sedangkan pelaksanaannya berada di depan loket Stasiun Besar Madiun.

“Para pelanggan yang belum memiliki surat rapid test dia harus menunjukkan kode booking atau tiketnya kepada petugas yang ada di depan. Kemudian diukur suhu badannya, selanjutnya dilakukan rapid test di ruangan yang sifatnya steril, tidak boleh ada yang masuk selain petugas,” ungkapnya, Kamis (30/7/2020).

Ixfan menjelaskan, penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan. Selain di Stasiun Madiun, secara nasional ada 12 stasiun yang membuka pelayanan rapid test seharga Rp85.000.

Yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan. Kemudian Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Malang. Selain surat rapid test, bagi masyarakat yang hendak menggunakan moda transportasi kereta api, wajib memakai masker, suhu dibawah 37,3 derajat celsius.

Selanjutnya mengenakan pakaian lengan panjang serta memiliki surat keterangan sehat dari dokter puskesmas atau rumah sakit, yang menyatakan bebas influenza. Tidak demam, tidak batuk dan tidak pilek.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00