Pemkot Madiun Ijinkan Warga Laksanakan Solat Idul Adha, Ini Ketentuannya

KBRN, Madiun: Pemerintah Kota Madiun memperbolehkan masyarakat melaksanakan solat Idul Adha 1441 Hijriyah di masjid yang ada di wilayah setempat. Bahkan, masjid Agung Baitul Hakim nantinya juga menggelar solat Idul Adha.

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, pelaksanaan solat Ied dianjurkan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan covid-19. Diantaranya menjaga jarak minimal satu meter dengan memberikan tanda khusus. Kemudian tidak berjabat sebelum dan sesuah solat ied, membawa alat solat sendiri dan wajib memakai masker.

“Kepada masyarakat tidak usah banyak gerombolan. Jangan sampai Idul Adha menjadi alasan pergi kesana kemari menggunakan mobil, bergerombol yang tidak jelas, jangan dulu. Di Masjid pun juga dikurangi gerombolan. Pokoknya harus sesuai protokol kesehatan karena covid-19 masih ada di sekitar kita,” kata Maidi, Selasa (28/7/2020).

Orang nomor satu di Kota Madiun ini menjelaskan, pelaksanaan takbir keliling pun sementara tidak diperbolehkan. Masyarakat dapat mengumandangkan takbir melalui pengeras suara di masjid atau mushola dan diikuti oleh masyarakat muslim dengan takbir di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan agar penyebaran covid-19 tidak meluas.

Disamping itu pihaknya juga meminta kepada khatib Salat Idul Adha di manapun saja untuk membacakan do’a dalam khutbahnya, memohon kepada Allah SWT agar segera dibebaskan dari wabah covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00