Pembagian Sertivikat Program PTSL di Magetan Terus Berlanjut

KBRN, Magetan: Badan Pertanahan Nasional (BPN) Magetan membagikan 700 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di desa Madigondo kecamatan Takeran Magetan, Selasa (26/7/2022). Kasi Hubungan Hukum Pertanahan selaku koordinator PTSL Magetan, K. Efendi menyebut penyerahan kali ini merupakan lokasi ke 4 dari 9 desa lokus program PTSL di Magetan.

“Untuk desa Madigondo ini penyerahan ke-4 dari 9 desa yang akan kita serahkan. Target 2022 untuk PTSL 11.000 bidang, Alhamdulillah sudah 99,9% tuntas. Tinggal satu desa Kedungguwo, desa tambahan. Kemungkinan akan kita serahkan pada awal Agustus sejumlah 645,” papar Efendi.

Efendi menambahkan BPN Magetan hampir menyelesaikan seluruh target bidang tanah dimana target tahun 2022 sebanyak 11.000 bidang. Bahkan pihaknya mengklaim proses pendataan BPN Magetan adalah yang tercepat dibanding kabupaten/kota lain se Jawa Timur.

Dikesempatan tersebut turut hadir Bupati Magetan, Suprawoto untuk melakukan simbolisasi penyerahan sertifikat. Suprawoto berharap masyarakat dapat memanfaatkan program yang digulirkan pemerintah pusat agar mendapat kepastian hukum atas asset tanah yang dimiliki. Terlebih pemerintah kabupaten Magetan mendapatkan penghargaan sebagai pemerintah daerah yang telah membebaskan atau memberi keringanan BPHTB bagi peserta program PTSL sehingga masyarakat akan lebih terbantu.

“Ini harapan saya, masyarakat Magetan yang punya bidang tanah harus punya sertifikat. Oleh sebab itu saya bersama BTN, sesuai program pemerintah, mendorong masyarakat untuk mudah mengakses dan mengurus sertifikat tanah. Program PTSL ini harus kita tangkap sebagai sebuah kemudahan yang sangat luar biasa. Dan di Magetan membebaskan bea balik namanya BPHTB, oleh sebab itu Magetan mendapat penghargaan dari Menteri Agraria,” kata Suprawoto.

Suprawoto juga mengimbau masyarakat yang hendak mengagunkan sertifikat tanah agar mengguknakannya sebagai modal usaha maupun kegiatan produktif lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar