Independence Day Fest 2022, Kopikir Hadirkan Ratusan Penari Jalak Lawu

KBRN, Magetan: Ratusan Jalak Lawu menari memenuhi jalan Jenderal Sudirman atau depan pasar baru Magetan. Para penari Jalak Lawu tersebut merupakan siswi 39 SMP di Magetan, diundang oleh Komunitas kopi cingkir (Kopikir) pada acara Independence Day Fest 2022, Rabu (17/08/2022).

Independence Day Fest 2022 digelar guna meningkatkan jiwa patriotisme kalangan muda Magetan, menyalurkan jiwa seni dan budaya, memberikan ruang berekspresi pada kaum muda serta menggerakkan roda ekonomi di sekitar Pasar Baru Magetan.

Hadirnya Jalak Lawu dan penampil-penampil lain diapresiasi Bupati Magetan, Suprawoto.

“Ini kan sama seperti transformsi nilai bahwa kita ini akar budayanya adalah Indonesia, jangan sampai tercabut. Pentas ini salah satu cara transformasi nilai-nilai identitas bangsa dengan tari Jalak Lawu yang sudah kita tetapkan sebagai tari khas tradisional, kita wajib untuk terus melestarikan,” terang Bupati Suprawoto.

Suprawoto menyampaikan hari kemerdekaan menjadi hari yang menyatukan seluruh elemen masyarakat. Selain itu, momentum hari kemerdekaan menciptakan satu emosi yang sama sehingga transformasi nilai budaya akan semakin mudah dilakukan.

”Ada sebuah ikatan yang dipandu oleh emosional yang sama. Di momen 17 Agustus ini kita menyadari bahwa kita satu bangsa dan memiliki sejarah yang sama,” lanjutnya.

Berbagai penampilan dipertunjukkan kepada masyarakat Magetan antara lain pantomim SD Alastuwo, pertunjukan sulap oleh Mr Untung, puisi oleh Nina Wahyu dan Diana Amaliyah, bertutur oleh Putri Syifa Claudia, serta penampilan tari massal Jalak Lawu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar