Kenakan Pakaian Adat, Petugas dan WBP Lapas I Madiun Gelar Upacara HUT ke-77 RI

KBRN, Madiun : Lapas Kelas I Madiun melaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di  Lapangan upacara lapas setempat, Rabu (17/8/2022). Dalam upacara kali ini petugas Lapas I Madiun mengenakan pakaian adat nasional sebagai simbol keberagaman.

Kepala Lapas I Madiun, Kunrat Kasmiri mengatakan, peringatan 17 Agustus ini menjadi pelecut semangat insan Kemenkumham untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi lapas memiliki tugas berat untuk memberikan pembinaan kepada seluruh warga binaan pemasyarakat (WBP).

“Di Agustus ini kan tentunya mengingat kembali perjuangan dan semangatnya para pendahulu kita, masa kita kalah. Kalau dulu berjuangnya berdarah-darah, kalau sekarang pikiran dan keringat. Kita harus berusaha lebih dari itu seharunya. Tantangan kita kedepan juga berat, dengan IT yang begitu hebat membuat perilaku manusia berubah,” ujarnya.

Khidmat : Petugas dan WBP Lapas I Madiun mengikuti upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Sementara itu Agus Salim, Kabid Pembinaan Lapas I Madiun bertindak selaku inspektur upacara menyatakan, Menteri Hukum dan HAM RI mengamanatkan bahwa upacara bendera ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih. Sekaligus mengenang jasa perjuangan para pahlawan.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, upacara ini harus kita maknai sebagai penggugah semangat kebangsaan, cinta akan tanah air, dan komitmen bersama untuk membangun Indonesia Raya,” katanya.

Seperti diketahui upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini diikuti pejabat internal Lapas I serta perwakilan WBP, termasuk tiga diantaranya napi teroris. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih kemudian dilanjutkan Pembacaan Teks Proklamasi dan teks pembukaan UUD 1945 serta pemberian penghargaan Satyalancana Karya kepada pegawai Lapas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar