Ratusan Warga di Madiun Isi Kemerdekaan dengan Tumpengan dan Do'a Bersama

KBRN, Madiun : Berbagai cara dilakukan masyarakat menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Seperti dilakukan warga RT 15 dan 16 Dusun Jerukan, Desa Doho, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Di malam HUT RI, ratusan warga ini mengadakan acara tasyakuran dan tumpengan di pertigaan jalan perkampungan, Selasa malam (16/8/2022). Seluruh warga berbaur menjadi satu mulai anak-anak hingga orang tua.

Tokoh agama di Desa Doho, H. Irfan Al Khaidari mengatakan, tumpengan kali ini merupakan wujud mensyukuri nikmat Allah SWT. Utamanya nikmat kemerdekaan RI.

"Ini harus disyukuri. Sekarang ini ujian atau cobaan kita cukup berat, eranya teknologi. Pesan saya anak-anak ini harus belajar dengan sungguh-sungguh, ini cara kita mengisi kemerdekaan," ujarnya.

Persiapan : Tumpengan warga pada malam Kemerdekaan ke-77 RI.

Irfan menyebut, meski secara sederhana acara kali ini syarat akan makna. Pun juga cara warga setempat untuk menjalin kerukunan dan merajut tali silaturahmi antar warga.

"Ini kita landasi dengan rasa ikhlas dan penuh syukur. Pandemi covid-19 ini juga masih melanda, semoga lekas pulih seperti tema HUT ke-77 RI tahun ini Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'," tambahnya.

Acara diawali dengan sambutan dirangkai dengan do'a bersama. Do'a tersebut ditujukan untuk para leluhur dan pejuang yang telah gugur merebut kemerdekaan dari penjajah. Pun juga untuk keselamatan dan keamanan seluruh warga dan bangsa Indonesia dari segala ancaman maupun bahaya dari luar. Adapun usai do'a bersama, acara tersebut dilanjutkan dengan makan bersama dengan menukar tumpeng satu dengan yang lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar