PLN UP3 Madiun Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Induksi

KBRN, Madiun : PLN UP3 Madiun terus mengkampanyekan electrifying lifestyle atau gerakan mengaplikasikan gaya hidup baru dengan lebih mengoptimalkan penggunaan peralatan elektrik yang bebas emisi pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya penggunakan kompor induksi atau kompor listrik.

“Kami akan memasifkan penggunakan kompor listrik atau kompor induksi kepada masyarakat. PLN itu jadi garda terdepan sebagai bagian dari program pemerintah,” ujar Manager PLN UP3 Madiun, Moch. Rochim ditemui RRI di kantor PLN UP3 Madiun, Jum’at (12/8/2022).

Sementara itu Manajer Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Madiun, Indra Sujatmiko mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk bermigrasi dari penggunaan kompor gas ke kompor induksi. Alasannya karena kompor induksi memiliki sejumlah kelebihan.

Di antaranya lebih efisien dibanding penggunaan kompor gas non subsidi. Kemudian lebih bersih, elegan dan tidak berbahaya ketika dibersihkan menggunakan air. Pun ketika dipegang, juga tidak panas.

“Se Indonesia untuk tahun ini ada 300 ribu pelanggan yang akan dimigrasikan ke kompor induksi. Dari jumlah itu, PLN UP3 Madiun mendapat jatah 9 ribu kompor induksi yang nantinya akan kita berikan gratis kepada pelanggan di Kecamatan Taman, Kota Madiun,” bebernya.

Adapun program kompor induksi gratis ini terus berlanjut hingga tahun depan sebagai upaya pemerintah mengurangi impor gas. Di PLN UP3 Madiun tahun 2023 mengusulkan ada 73.800 pelanggan yang akan mendapat bantuan kompor induksi. Kompor listrik tersebut akan diberikan kepada rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA. Serta menyasar pelaku UMKM dengan daya mulai 450 VA hingga  5.500 VA.

“Bantuan ini diberikan secara cuma-cuma. Jadi kompornya gratis nanti kita pasang instalasi khusus ke kompornya itu juga gratis. Ini kita masih menunggu pengadaan kompor indukasi, kemungkinan Oktober atau November mulai kita bagikan,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar