Lestarikan Reog Gagrak Magetan, Pemkab Jalankan Sejumlah Strategi

KBRN, Magetan: Reog Gagrak Magetan menjadi salah satu kesenian yang tengah ditumbuhsuburkan oleh pemkab Magetan mengingat reog gagrak Magetan merupakan salah satu seni reog lawasan dengan serekannya yang khas. Saat ini setidaknya ada 15 grup reog gagrak Magetan yang masih bertahan melestarikan Solah Joget Lawasan Magetanan

Pemkab berkomitmen meperbaiki ekosistem kebudayaan dengan menyediakan beberapa titik pertunjukan antara lain pelataran dan gedung film pasar baru Magetan, gedung kesenian Tripandita serta titik-titik lainnya. Bahkan Bupati Magetan, Suprawoto memastikan akan menyediakan dukungan dana pada penganggaran tahun mendatang. Hal ini diungkapkan dalam acara Sambung Rasa bersama Komunitas Seni Reog Gagrak di desa Sambirobyong kecamatan Sidorejo Magetan, Rabu (9/8/2022) malam.

“Kalau menurut catatan Pak Joko itu sebetulnya hibah untuk kesenian itu sudah banyak ada 110 kelompok caranya bagaimana supaya dia pentas maka setiap program di Magetan itu kita izinkan dana cukai misalnya sekarang di event-kan itu cara saya supaya mereka tampil,” papar Suprawoto.

Suprawoto juga mengapresiasi komunitas reog gagrak Magetan yang berhasil masuk jajaran 10 besar dalam Festival Reog Nasional ke-27 Kategori Pelestari Reog Ponorogo beberapa waktu lalu. Suprawoto berharap para pelestari dapat menciptakan inovasi-inovasi agar pertunjukan reog tetap menarik tanpa meninggalkan pakem.

Atas dukungan pemerintah tersebut, sesepuh pelestari reog gagrak Magetan, mbah Muhayat mengajak agar para pelestari semakin bersemangat sehingga reog gagrak tetap bertahan ditengah tumbuhnya hiburan modern.

“Anak-anak ku kabeh ngger minongko generasi sing nerusake perjuangan e wong tuwo mu, aku ki mengestoni banget. Pasinaonanipun ampun ngantos pegat,” ujar kakek 73 tahun ini.

Sebagai tambahan, para pelestari budaya tengah didorong untuk mengabadikan kekayaan budaya ke dalam tulisan. Dengan demikian, generasi penerus akan tetap mengingat dan melestarikan budaya adiluhung tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar