Satlantas Polres Madiun Kota Mulai Terapkan Plat Nomor Putih

KBRN, Madiun : Satlantas Polres Madiun Kota telah menerapkan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dari hitam ke putih sejak awal Agustus lalu. Kasat Lantas Polres Madiun Kota, AKP Dwi Jatmiko mengatakan dengan adanya kebijakan baru tersebut, plat nomor kendaraan pribadi yang semula berwarna dasar hitam dengan tulisan putih, selanjutnya menjadi putih dengan tulisan hitam.

Meski begitu kendaraan plat hitam yang masa berlakunya belum habis tahun ini tidak perlu melakukan pergantian lebih dulu. Sebab penggunaan plat dengan kelir hitam pada masa transisi ini dipastikan tetap legal.

"Kami menghimbau masyarakat untuk menggunakan TNKB dari kepolisian. Jangan mengubah warna TNKB secara mandiri karena akan terjadi perbedaan antara fisik kendaraan dengan keterangan yang ada di STNK dan BPKB," ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Ganti Warna : Kendaraan roda empat di Kota Madiun mulai menerapkan TNKB warna dasar putih.

Di Kota Madiun penggantian warna dasar TNKB itu sementara ini baru diterapkan untuk kendaraan pribadi roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua akan dilakukan secara bertahap. Ini mengingat stok material TNKB lama dengan warna dasar hitam di Samsat Satlantas Polres Madiun Kota masih ada sekitar 4.600-an keping. Stok tersebut diperkirakan habis hingga akhir tahun ini.

"Kami akan menghabiskan stok material di Samsat dulu. Kalau sudah habis baru kita terapkan TNKB warna putih untuk kendaraan roda dua," katanya.

Sementara itu ditemui di kantor Samsat Kota Madiun, seorang warga Jiwan, Yoseph mengaku sempat kaget setelah menerima plat nomor dengan warna dasar berbeda. Dari sebelumnya berwarna dasar hitam, saat ini menjadi putih.

"Dulu hitam sekarang putih. Ya baru tahun ini karena kan saya pas lagi ngganti plat kendaraan atau pajak lima tahunan. Ya nggak apa-apa juga sih, nggak masalah ada penggantian warna yang penting plat nomornya jelas, STNKnya juga jelas," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar