Petugas Lapas Pemuda Madiun Gagalkan Aksi Penyelundupan Narkoba

KBRN, Madiun : Petugas Lapas kembali berhasil menggagalkan aksi penyelundupan narkoba ke dalam Lapas Pemuda Kelas II-A Madiun pada Senin kemarin (8/8/2022). Aksi tersebut diketahui dilakukan oleh seorang pria berinisial BBR warga Pulerejo, Kabupaten Madiun.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Zaeroji mengatakan, BBR melancarkan aksinya di sekitar rumah dinas pegawai Lapas Kelas I yang berada di belakang lapas. Karena gelagat yang mencurigakan, salah seorang petugas yang saat itu sedang bertugas di luar lapas menegur pelaku.

"Bukannya berhenti tapi malah mencoba kabur menggunakan motor," ujarnya dalam pers rilis yang diterima RRI, Selasa (9/8/2022).

Mendengar teriakan petugas, Zafero petugas Lapas Pemuda Madiun yang sedang bertugas melakukan pengawalan bereaksi. Saat itu, Zafero sedang mengawal narapidana yang mengikuti program asimilasi kebersihan sekitar lapas. BBR akhirnya berhasil dilumpuhkan setelah upaya pelariannya digagalkan petugas dengan menabrakkan gerobak sampah.

"Saat itu Zafero bereaksi dengan menabrakkan gerobak sampah yang ada disampingnya,” katanya.

Sementara itu Kalapas Pemuda Kelas II-A Madiun, Ardian Nova Christiawan membenarkan adanya aksi penggagalan penyelundupan narkoba di lapas yang dipimpinnya. Menurutnya setelah pelaku jatuh dari sepeda motor yang dikendarai, petugas langsung membekuk dan menyita barang bukti berupa ketapel yang digunakan sebagai piranti untuk melempar narkoba ke dalam lapas.

"Jadi dibantu petugas Lapas Pemuda yang mengawal asimilasi akhirnya pelaku bisa tertangkap. Kita tanya-tanya, kita cari barang yang dilempar menggunakan ketapel itu dan akhirnya ketemu di sekitar area Gereja dalam lapas," ungkapnya.

Nova menjelaskan, pihaknya kemudian melakukan sinergi bersama pihak Satreskoba Polres Madiun Kota. Kasat Reskoba, AKP Eka Supriyadi kemudian datang ke lapas dan bersama-sama memeriksa bungkusan hasil lemparan tersebut. Setelah dilakukan olah TKP dan pemeriksaan terhadap bungkusan tersebut di dalamnya berisi barang diduga narkoba jenis sabu-sabu seberat 0,67 gram yang dibungkus plastik warna ungu beserta pemberat batu.

"Sudah kita serahkan ke pihak Polres Madiun Kota," pungkasnya. (Foto : Dok)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar