Debit Air Pamsimas Berkurang, Layanan Berkurang

KBRN, Ngawi : Jumlah debit sumber air Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat( Pamsimas)  untuk suplay kebutuhan air warga di Desa Kiyonten Kecamatan Kasreman berkurang. Untuk itu, Pemerintah setempat berencana melakukan pengeboran untuk sember air baru.

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Ngawi Pipit Herlina menyampaikan jumlah debit air berkurang karena secara geografis daerah tidak berada di cekungan. Sehingga debit air berkurang, terlebih pada musim kemarau. Akibatnya, air tidak mencukupi kebutuhan air.

“Keluhannya adalah debit kurang masksimal. Kita tidak menyalahkan alam, tapi memang bagaimana kita men-treatmen agar sumber air itu untuk mencukupi debit yang digunakan. Di masyarakat ada potensi debit yang berkurang, akhirnya layanannya berkurang juga “ungkap Pipit(8/8/2022)

Herlina menyampaikan solusi untuk mengatasi kebutuhan air bagi warga, pemerintah berencana akan menambah sumber suplay air, misalnya pengeboran sumber air baru.

Untuk diketahui, di Kabupaten Ngawi ada sebanyak 120 desa yang telah memiliki Pamsimas baik bantuan dari daerah, Provinsi maupun Pusat.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar