UMKM Berizin Akan Tingkatkan Kualitas, Bupati: Perizinan Itu Mudah dan Gratis

KBRN, Magetan: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Magetan menggelar Festival UMKM Magetan Beraksi yang bertajuk ‘GADUKTAN’ Bangga Produk Magetan, Sabtu-Minggu (6-7/7/2022). Festival diselenggarakan di lapangan Gulun kecamatan Maospati Magetan dalam rangka memperingati hari UMKM Nasional.

Saat ditemui media, Bupati Magetan, Suprawoto mendorong agar UMKM Magetan mengurus perijinan sehingga kualitas produk dapat terjamin yang berimbas pada kepercayaan konsumen dan peningkatan penjualan. Pihak pemkab melalui dinas terkait bahkan menyediakan stan pendaftaran produk UMKM di festival tersebut.

“Kita juga menyediakan stan perizinan. Pemerintah itu mengatur perizinan bukan untuk mempersulit maka itu kita turun bukan hanya menganjurkan tapi turun langsung kesini. Mengurus perizinan kan mudah dan gratis. Tadi saya lihat masih ada yang belum izin PIRT dan sebagainya, kita berharap UMKM di Magetan semua izinnya lengkap sehingga akan berkembang,” kata Suprawoto.

Disisi lain, agar Magetan memiliki ke-khas-an, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Magetan, Sukartini mendorong agar pelaku usaha mengreasikan labu (waluh) menjadi produk menarik sehingga olahan labu dapat menjadi produk unggulan kabupaten Magetan.

“Kita ingin menggali potensi yang ada di Kabupaten Magetan, termasuk labu ini kan produk yang akan kita jadikan brand produk unggulan Kabupaten Magetan,”papar Sukartini.

Rangkaian kegiatan dalam festival tersebut antara lain bazar produk-produk UMKM se-Kecamatan Maospati, lomba kreasi menu yang diikuti oleh 50 UMKM se-Magetan, serta lomba cipta menu yang diikuti oleh TP PKK se-Magetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar