Antisipasi PMK, TNI-Polri Lakukan Penyekatan di Perbatasan Madiun-Magetan

KBRN, Madiun : Mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang hari raya Idul Adha, Danramil 0803-13/Kebonsari Kapten Arm Ragil Nurcahyo bersama anggota dan Polsek setempat melaksanakan penyekatan kendaraan pengangkut hewan ternak sapi maupun kambing yang akan masuk ke wilayah Madiun. Penyekatan dilakukan di perbatasan Madiun – Magetan, tepatnya di Desa Ngujur, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Kamis (7/7/2022).

Pada penyekatan kali ini petugas gabungan langsung menghentikan kendaraan roda empat yang bermuatan hewan ternak. Baik kendaraan pikup maupun truk. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak dan dokumen kelengkapan dengan bantuan dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP).

"Selama kegiatan penyekatan di perbatasan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Magetan belum ditemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK," tegas Danramil.

Danramil menambahkan, penyekatan ini selain dilakukan personil dari Koramil 0803-13/Kebonsari dan Polsek Kebonsari, juga melibatkan DKPP Kabupaten Madiun.

"Meski belum ditemukan hewan ternak yang sakit, petugas akan terus melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang mengangkut hewan ternak ke wilayah Madiun, untuk mengantisipasi penyebaran PMK," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar