Jelang PTM, Siswa Baru SMPN 2 Kota Madiun Jalani Psikotes

KBRN, Madiun : SMPN 2 Kota Madiun mengadakan psikotes bagi siswa baru kelas 7, Kamis (7/7/2022). Psikotes berlangsung sehari diikuti 251 siswa hasil PPDB. Tes terbagi dua sesi di empat ruang kelas.

Kepala SMPN 2 Kota Madiun, Suyatmun mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mempersiapkan siswa baru yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) tahun 2022/2023. Sekaligus sebagai upaya mempersiapkan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

Apalagi di dalam kurikulum merdeka, siswa diberikan keleluasaan dalam belajar. Tidak hanya mengikuti pembelajaran secara teori, namun juga implementasi di lapangan (praktek). Output yang dicapai dalam psikotes itu kata Suyatmun, adalah untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Pun guru nantinya juga mengetahui karakter anak didik.

Serius : Siswa baru SMPN 2 Kota Madiun Jalani Psikotes jelang PTM.

"Karena itu dengan psikotes ini kami mengetahui kesiapan anak dalam belajar. Kemudian juga mengetahui minat anak, belajar anak dan profil anak itu dalam belajar. Dari situ lah kami petakan sehingga nanti ketika pembelajaran guru bisa melayani masing-masing anak dengan latar belakang yang berbeda-beda," ujarnya.

Suyatmun menuturkan, dengan metode itu guru tidak hanya menyampaikan bahan ajar secara full kepada siswa. Melainkan dipetakan secara matang untuk melakukan aplikasi di lapangan. Dengan begitu diharapkan anak bisa berkembang secara maksimal sesuai potensi yang dimiliki.

"Jadi guru bisa melayani anak sesuai tuntutan pembelajaran berdiferensiasi," tambahnya.

Sementara itu, seorang siswa baru SMPN 2, Pelangi Tunjung Kusuma mengaku ada puluhan pertanyaan yang disodorkan dalam psikotes tersebut. Di antaranya aritmetika, gambar dan lain sebagainya.

"Kalau menurut saya ya susah susah gampang. Semoga jadi yang terbaik saja lah," ucapnya.

Seperti diketahui, tes psikologi bagi siswa SMPN 2 Kota Madiun sejatinya sudah berlangsung bertahun-tahun. Namun ditujukan untuk kelas 8. Sedangkan kali ini psikotes sengaja menyasar siswa baru kelas 7. Pun sebelumnya pelaksanaan tes itu sempat terhenti dua tahun akibat pandemi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar