Polres Trenggalek Terjunkan Personel, Kawal Vaksinasi PMK

KBRN, Trenggalek :  Jajaran Kepolisian terus bergerak dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Tak terkecuali Polres Trenggalek.

Bersinergi bersama Dinas peternakan dan stakeholder terkait, Kepolisian Resor Trenggalek melakukan pendampingan vaksinasi hewan ternak. 

Kasihumas Polres Trenggalek, Iptu Suswanto, mengatakan, pihaknya menerjunkan sejumlah personelnya baik dari tingkat Polres maupun Polsek jajaran termasuk diantaranya adalah Bhabinkamtibmas.

“Hari ini ada sejumlah tempat yang menjadi sasaran vaksinasi diantaranya, para peternak di Kecamatan Tugu, Karangan, Pogalan dan Trenggalek.” Ujar Iptu Suswanto. Rabu, (6/7/2022).

Iptu Suswanto menuturkan, petugas gabungan ini mendatangi satu persatu peternak baik sapi maupun kambing, melakukan pemeriksaan Kesehatan hewan ternak dilanjutkan dengan vaksinasi disaksikan oleh pemilik dan tiga pilar setempat.

“Tenaga vaksinator merupakan petugas dari dinas peternakan. Tugas utama dari Kepolisian adalah melakukan pengamanan dan memastikan seluruh proses vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar.” Imbuhnya.

Iptu Suswanto menegaskan, menjelang hari raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari, jajaran Kepolisian terus memasifkan berbagai upaya pencegahan PMK. Mulai dari sosialisasi, penyemprotan kandang menggunakan disinfektan, pemeriksaan hingga chek point lalu lintas khusus hewan ternak.

Iptu Suswanto berharap dengan langkah ini dapat meminimalisir penularan PMK dan menekan kematian hewan ternak di Kabupaten Trenggalek sehingga kebutuhan saat Idul Adha anti bisa tercukupi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar