KPU Kota Madiun Catat Ada 266 Pemilih Baru pada DPB Pemilu 2024

KBRN, Madiun : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun mencatat sementara ini ada 266 pemilih baru pada daftar pemilih berkelanjutan (DPB) Pemilu 2024. Terdiri 112 pemilih laki-laki dan 154 perempuan.

Komisioner KPU Kota Madiun Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Izza Kustiarti mengatakan, jumlah pemilih baru itu tersebar di tiga kecamatan se Kota Madiun.  Ia menyebut DPB tersebut sifatnya dinamis bisa bertambah maupun berkurang. Daftar pemilih ini akan terus diperbaharui sesuai hasil laporan masyarakat yang mengalami perubahan data.

“Pemilih baru ini terdiri pemilih pemula baru berusia 17 tahun maupun TNI-Polri yang sudah purna tugas,”kata Izza ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/7/2022).

Berdasarkan hasil rekap terakhir yang dilakukan KPU Kota Madiun akhir Juni lalu, jumlah DPB Pemilu 2024 mengalami penambahan sebanyak 49 pemilih. Dari 149.769 menjadi 149.818 pemilih. Terdiri 71.519 pemilih laki-laki dan 78.299 perempuan. Selain itu, dalam DPB tersebut KPU Kota Madiun juga mencoret 81 nama pemilih karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

Munculnya data TMS itu disebabkan berbagai faktor. Mulai pemilih meninggal, anggota TNI-Polri, bukan penduduk setempat, serta sejumlah penyebab lain. Lebih lanjut, Izza mengungkapkan pembaharuan daftar pemilih ini akan dilakukan berkala sampai dengan KPU menerima daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Yang jelas ini untuk persiapan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar