Peternak Lesu Akibat PMK, Bupati: Bank Syariah Sudah Beri Relaksasi Kredit

KBRN, Magetan: Tidak sedikit peternak yang mengandalkan kredit bank sebagai modal ternak sapi. Wabah penyakit mulut dan kuku yang meluas di Magetan menyebabkan kerugian bagi peternak. Akibat merugi, peternak mengalami kesulitan dalam pembayaran angsuran kepada bank.

Untuk meringankan beban peternak, Bupati Magetan telah menginstruksikan bank daerah untuk memberi relaksasi kredit bank.

“Kalau khusus untuk bank syariah yang milik kita sudah saya perintahkan. Tapi untuk Bank Jatim, BRI nanti saya akan panggil,” kata Suprawoto, Senin (4/7/2022).

Saat ini pihaknya tengah mengupayakan bank plat merah lainnya agar turut serta memberi keringanan sembari menanti aturan dari Kementerian Koperasi dan UKM diterbitkan.

“Kondisi ini tentu harus ada empati bagi semuanya untuk memudahkan dan memberi keringanan. Bank itu tujuannya kan juga untuk mensejahterakan masyarakat. Ketika masyarakatnya kena seperti ini, kewajiban dia juga memberi relaksasi dan memberi kemudahan,” pungkasnya.

Suprawoto menambahkan kehadiran bank sedianya dapat menjadi penggerak ekonomi kerakyatan sehingga saat terjadi bencana seperti saat ini, perbankan dapat menyesuaikan skema pembayaran yang tidak memberatkan kreditur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar