Jelang Idul Adha, Ternak Dibayang-Bayangi Ancaman PMK

KBRN, Ngawi : Menjelang Idul Adha, terpaan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berlangsung di wilayah provinsi Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Ngawi. Hal ini menjadi sebagian masyarakat khawatir terhadap hewan yang akan dikurbankan pada Idul Adha mendatang. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui stake holder terkait bersama TNI/Polri melakukan penyekatan dan screening hewan di perbatasan wilayah. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kesehatan ternak.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyampaikan sesuai arahan Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi RI, seminggu sebelum hari raya kurban agar diupayakan untuk screening ternak di wilayah masing-masing. Hal ini untuk memastikan ternak terjaga dari penularan PMK.

“Pihak pemerintah daerah bekerjasam dengan TNI/Polri untuk melakukan screening hewan ternak di Kabupaten/Kota lingkungan masing-masing. Upaya ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa hewan ternak yang sudah berada di lingkungan masyarakat terjaga dari penularan PMK“ungkap Bupati Ony(5/7/2022)

Ony menyampaikan Penyekatan juga dilakukan di wilayah perbatasan Kabupaten Ngawi antaralain di exit tol dan di Mantingan Ngawi. Dinas terkait juga akan menerbitkan surat sehat hewan sebagai bukti ternak yang dijual ataupun dibeli adalah ternak yang sehat tidak terjangkit PMK. Selain itu, sebanyak 2100 ekor ternak di Kabupaten Ngawi juga telah mendapatkan vaksinasi PMK.(Mk)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar