Kodim Madiun Gandeng DKPP Beri Sosialisasi Penanganan PMK bagi Babinsa

KBRN, Madiun : Kodim 0803/Madiun bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun, melaksanakan sosialisasi penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi personil Babinsa. Kegiatan itu berlangsung di Aula Makodim 0803/Madiun, Senin (4/7/2022).

Plt. Kepala DKPP Kabupaten Madiun, Samanto dalam sambutannya berharap kepada seluruh warga yang memiliki ternak untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi Virus PMK.

"Secara umum gejala klnis PMK adalah demam mencapai 39°C selama beberapa hari, tidak nafsu makan dan lesi-lesi pada daerah mulut dan kaki, namun demikian masyarakat diminta untuk tetap tenang, karena pemerintah akan melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap virus PMK ini," katanya.

Sementara itu Dandim 0803/Madiun, Letkol Inf Meina Helmi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pabung Kodim 0803/Madiun, Mayor Inf Wahyu Suprianto menghimbau kepada para Babinsa menindaklanjuti arahan DKPP Kabupaten Madiun.

"Kami telah kerahkan para Babinsa untuk bersinergi dengan PPL dan Tiga Pilar di tingkat Desa terkait penanganan serta pencegahan PMK pada hewan ternak," ujarnya.

Mayor Inf Wahyu juga berharap agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

"Masyarakat kami minta segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar