Lapas I Madiun Buka Kembali Layanan Tatap Muka bagi WBP

KBRN, Madiun : Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengambil langkah strategis untuk melakukan penyesuaian mekanisme layanan kunjungan tatap muka di Lapas, Rutan, dan LPKA. Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar dikeluarkan sebagai dasar pelaksanaan kebijakan.

Setelah lebih dua tahun layanan kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ditiadakan akibat pandemi Covid-19, kini kembali dibuka. Seperti di Lapas Kelas I Madiun,  layanan tatap muka dibuka perdana pada Senin (4/7/2022). Pendaftaran layanan kunjungan tatap muka dilaksanakan di Sentra Layanan Publik area depan Kantor Lapas I Madiun.

“Hari ini layanan kunjungan tatap muka khusus narapidana, ada 31 pendaftar kunjungan,” kata Kepala Lapas I Madiun, Kunrat Kasmiri berdasarkan pers rilis yang diterima RRI.

Kunjungan : WBP Lapas I Madiun kembali sumringah setelah dibukanya kembali layanan kunjungan.

Pengunjung merupakan keluarga inti dari narapidana dan harus memenuhi syarat-syarat yang berlaku. Kunjungan tatap muka dilaksanakan di tempat kunjungan Lapas I Madiun dengan pembatas antara keluarga dan warga binaan. Pun dengan prokes yang ketat. Waktu kunjungan pun terbatas 15 menit agar kondusifitas dan ketertiban di dalam ruang kunjungan terjaga.

“Dengan dibukanya kembali layanan kunjungan secara tatap muka dapat melepas rindu WBP kepada keluarganya,” ujarnya.

Kunrat menyebut, kebijakan tersebut memberikan dampak positif yang dapat membuat WBP lebih tenang dalam menjalani sisa masa pidana. Di sisi lain Lapas I Madiun juga menyediakan Layanan Penitipan Makanan dan Kunjungan secara virtual bagi keluarga yang belum memenuhi syarat-syarat berlaku.

“Yang jelas layanan semua yang ada di Lapas I Madiun tidak dipungut biaya sama sekali,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar