Persiapan Pengembangan Karier, 96 Pejabat Kota Madiun Tuntas Jalani Assessment

KBRN, Madiun : Proses regenerasi calon pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Madiun digulirkan. Kebijakan ini dijalankan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) menyusul jumlah pejabat eselon II yang ada terus berkurang karena purna tugas.

Prosesnya berupa pelaksanaan tes assesment yang diikuti oleh 96 pejabat pengawas dan sub koordinator dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Tes untuk pemetaan kompetensi kinerja pegawai itu telah selesai digelar di laboratorium komputer SMPN 1 Madiun pada Rabu (29/6/2022).

Kepala BKDSDM Kota Madiun Haris Rahmanudin mengatakan, sebelumnya tes asesmen sempat vakum dua tahun karena pandemi Covid-19. Tahun ini tes tersebut kembali digelar dalam rangka untuk melihat kompetensi para pejabat setingkat eselon III itu di bidangnya masing-masing.

“Ya ini termasuk mempersiapkan untuk regenerasi pengembangan karier,” katanya, Jum’at (1/7/2022).

Haris menjelaskan, selama ini asesmen sudah dilakukan. Bahkan, BKDSDM telah melakukan tes tersebut kepada sekitar 300 pegawai sebelum pandemi lalu. Kemudian hasil dari asesmen nanti menjadi hak walikota untuk mengevaluasi jajarannya.

“Nanti ada analisa terkait dengan kompetensinya. Bisa juga dianalisa sesuai kebutuhan-kebutuhan peningkatan kompetensi maupun pengembangan karier,” ucapnya.

Pada tahun ini terdapat sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Madiun yang memasuki purna tugas. Bahkan, beberapa posisi di antaranya masih kosong atau ditempati pelaksana tugas (Plt). Salah satunya posisi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Bahkan, sebelumnya Walikota Madiun, Maidi sempat menyampaikan akan kembali menggulirkan mutasi bagi pejabat eselon II yang masa jabatannya sudah lima tahun. Kebijakan itu dilakukan sebagai bentuk penyegaran dan efektivitas dalam menjalankan roda pemerintahan. (Foto : AntaraJatim)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar