Ratusan Warga Kabupaten Madiun Terima Bantuan Perbaikan RTLH

KBRN,  Madiun :   Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)  menjadi salah satu solusi berbagai permasalahan, khususnya masalah pendidikan dan kesehatan  masyarakat. Itulah sebabnya,  beberapa tahun terakhir  Pemerintah Kabupaten Madiun menaruh perhatian terhadap perbaikan RTLH.  Sebelum program perbaikan RTLH dilaksanakan, di wilayah kabupaten Madiun ada 9.010  RTLH.   Jumlah tersebut terus menurun dari tahun ke tahun karena adanya intervensi pemerintah daerah  dalam perbaikam rumah warga. Dan pada  tahun 2022 ini, ditargetkan sebanyak 1340 RTLH di kabupaten Madiun telah selesai diperbaiki.  Untuk merealisasi target itu, sebanyak 245  warga Kabupaten Madiun dari 49 desa di 15 kecamatan, Kamis (30/6/2022) menerima bantuan perbaikan RTLH. Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputra, usai menyerahkan bantuan RTLH di pendapa Muda Graha  mengatakan,  bantuan yang diserahkan sebesar 15 juta rupiah  untuk setiap RTLH, bersifat stimulan untuk membangkitkan rasa gotong royong masyarakat.

“Dan ini hanya stimulan. Stimulan yang diharapkan kebersamaan masyarakat itu tetap dipertahankan.  Gotong royong, jadi kalau memperbaiki rumah biasanya di rumah itu digarap bareng-bareng  itu, nanti kita bangkitkan”, kata bupati Ahmad Dawami.   

Kriteria penerima bantuan perbaikan RTLH tertuang dalam peraturan bupati Madiun nomor 30 tahun 2019. Menurut Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik  Pemkab Madiun, Hari Pitoyo, kriteria penerima bantuan RTLH antara lain penghasilannya di bawah upah minimum kabupaten dan secara konstruksi rumahnya tidak layak.

“Diantaranya warga negara Indonesia, kemudian memiliki penghasilan di bawah upah minimum kabupaten, kemudian secara konstruksi rumahnya tidak layak dan sebagainya”, jelas Hari Pitoyo. 

Pengawasan perbaikan RTLH ini dilakukan oleh kelompok masyarakat   penerima bantuan,  pemerintah desa dan kecamatan.  Selain itu, juga ada  tenaga fasilitator lapangan yang telah ditetapkan oleh Dinas  Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Madiun.   (Haryo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar